F1  

George Russell Jelaskan Keputusan Penggunaan Sayap Depan Baru Mercedes, Bukan Lewis Hamilton

George Russell memperjelas situasi penggunaan komponen baru pada mobil Mercedes di Grand Prix Monaco, menegaskan bahwa keputusan tersebut diambil oleh Lewis Hamilton.

Jakarta, Crash.net – Kontroversi mengenai penggunaan sayap depan baru pada mobil Mercedes AMG F1 selama Grand Prix Monaco telah mendapatkan klarifikasi langsung dari George Russell. Menurut Russell, Mercedes sebenarnya telah menyiapkan sebuah ‘lempar koin’ untuk menentukan siapa yang akan menggunakan upgrade tersebut, namun Hamilton sendiri yang memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada Russell.

Mercedes hanya memiliki satu sayap depan baru yang tersedia untuk balapan akhir pekan di Monaco, dan pada sesi latihan hari Jumat, terungkap bahwa komponen tersebut hanya akan digunakan pada mobil Russell. Hal ini memicu berbagai spekulasi mengenai alasan di balik keputusan tersebut, termasuk dugaan bahwa Mercedes lebih memprioritaskan Russell mengingat Hamilton akan meninggalkan tim tahun depan.

Namun, dalam wawancara setelah balapan dengan Channel 4, Russell memberikan penjelasan. “Ada satu sayap depan akhir pekan ini dan pada Hari Selasa telah disepakati bahwa kami akan melakukan lempar koin untuk melihat siapa yang mendapatkannya,” ungkap Russell. “Lewis mengatakan dia sudah mencobanya di simulator dan senang jika saya yang menggunakannya akhir pekan ini, karena penggunaannya tidak lepas dari risiko. Jika kami membuat kesalahan saat kualifikasi dan merusaknya, itu berarti kita kehilangan satu sayap depan yang tidak akan dapat digunakan lagi dan harus memulai dari pit lane.”

Russell, merasa senang mengambil risiko tersebut dan merasa seperti mendapat hadiah ulang tahun terlambat dari Hamilton yang memberinya kesempatan untuk menggunakan komponen tersebut. “Tidak, kami tidak jadi melakukan lempar koin,” tegas Russell.

Meski Hamilton yang mengambil keputusan tersebut, ia masih mengacu pada hal itu dalam komentar setelah sesi kualifikasi dan balapan. Pembalap berusia 39 tahun itu menyatakan bahwa tidak mengharapkan bisa mengungguli Russell di tahun 2024, terutama di Monaco, karena tidak memiliki “komponen upgrade”.

“Jadi saya memprediksi itu akan sulit untuk mengalahkan George karena dia memiliki [komponen] upgrade. Senang melihat bahwa kami membawa upgrade,” kata Hamilton pada hari Sabtu di Monaco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *