Motogp  

MV Agusta Berencana Kembali ke MotoGP pada Tahun 2027

Pemilik MV Agusta, Pierer Mobility Group, Ungkap Rencana untuk Bersaing di Kelas Utama

MV Agusta, merek legendaris yang pernah berjaya di dunia balap motor bersama Giacomo Agostini, berencana kembali ke ajang MotoGP pada tahun 2027. Pemilik MV Agusta, Pierer Mobility Group, yang juga memiliki KTM dan GASGAS, mengonfirmasi niat mereka untuk membawa merek ini kembali bersaing di kelas utama.

Anggota dewan direksi Pierer Mobility Group, Hubert Trunkenpolz, mengungkapkan bahwa mereka tidak akan mengembangkan mesin terpisah untuk MV Agusta, melainkan berbagi mesin dengan KTM. “Kami ingin membawa MV Agusta kembali ke kelas utama dengan cara yang berbeda. Kami tidak akan mengembangkan mesin terpisah karena mesin MotoGP internal terbaik yang kami miliki hanya satu, dan kami tidak ingin menghilangkan itu dari MV Agusta,” ujar Trunkenpolz kepada GPOne.

Strategi Penggabungan Mesin

Pada tahun 2027, KTM dan MV Agusta akan berbagi mesin MotoGP 850cc baru sesuai dengan regulasi yang akan datang. “MV tidak akan menjadi pabrikan terpisah pada tahun 2027. Kami tidak mampu untuk itu dan kami tidak dapat mengizinkannya. Rencana kami dengan MV Agusta sangat sederhana,” jelas Trunkenpolz.

Mulai dari 2024 hingga 2026, fokus utama adalah menstabilkan perusahaan dalam segala aspek, termasuk jajaran produk, lokasi produksi, dan sisi komersial. “Sampai semua aspek tersebut stabil, tidak ada gunanya berlomba di MotoGP,” tambahnya. “Namun, tahun 2027 mungkin menjadi tahun yang baik bagi MV Agusta untuk masuk ke MotoGP.”

Kembali Ke Lintasan

MV Agusta terakhir kali berlaga di Moto2 selama tiga tahun hingga 2022. Dengan rencana kembalinya ini, MV Agusta berharap dapat mengulang kesuksesan masa lalu mereka di lintasan balap MotoGP.

Dalam beberapa tahun ke depan, Pierer Mobility Group akan bekerja keras untuk memastikan bahwa MV Agusta siap kembali bersaing di papan atas MotoGP dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *